Minggu, 18 Oktober 2009

FENOMENA SOCIAL NETWORKING DI ERA MODERN





Menjelajah dunia maya sudah bukan merupakan hal yang baru, apalagi di zaman era modern seperti sekarang ini. Saat ini, mengakses internet sudah semudah membalikkan telapak tangan. Dengan adanya berbagai macam gadget dengan didukung berbagai peralatan pendukung yang canggih seperti modem portable dapat dengan mudahnya diakses dari berbagi tempat,dan kapan saja. Melihat kemudahan yang ada, kini mulai bermunculan berbagai teknologi yang dapat memudahkan seseorang untuk saling berkomunikasi. Munculnya teknologi ini, membuat jarak sejauh apapun tidak lagi menjadi masalah untuk saling berinteraksi.

Diawali dengan munculnya MiRC pada awal tahun 2000, sebuah teknologi yang memudahkan seseorang untuk dapat saling berinteraksi dengan berbagai orang di seluruh dunia. Untuk dapat mengakses program ini, pengguna harus memiliki alamat e-mail pribadi. Lewat teknologi ini, para penggunanya dapat saling berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus seperti layaknya mengirim sms. Namun karena terhubung secara langsung saat itu juga, kita dapat saling berbicara melalui tulisan-tulisan yang ada di layar sepanjang apapun yang kita inginkan dan tanpa batas. Teknologi ini dikenal dengan sebutan chatting. Pada awal kemunculan teknologi ini, akses internet belum begitu booming seperti sekarang, sehingga para penggunanya masih terbatas. Selain itu, kemajuan teknologi yang ada pada masa itu masih belum begitu dirasakan banyak orang karena masih terbatasnya pengetahuan tentang teknologi yang dimiliki.

Tak berapa lama kemudian, muncullah Yahoo Messenger atau yang biasa dikenal dengan istilah YM. Sebenarnya teknologi ini sudah muncul lebih dulu dibandingkan MiRC, namun pada awal kemunculannya masih belum begitu booming dibandingkan MiRC. Hal ini disebabkan Yahoo messenger lebih bersifat pribadi, sedangkan pada masa tersebut orang belum begitu butuh dikarenakan belum tentu orang yang mereka kenal juga mempunyai dan mengakses account YM. Berbeda dengan beberapa tahun belakangan ini, hampir setiap orang memiliki sarana untuk mengakses internet. Baik melalui komputer, laptop, hp, atau bahkan blackberry sehingga hampir setiap orang pasti sudah memiliki alamat e-mail. Dan jika mereka menggunakan alamat yahoo, sudah pasti mereka memiliki account di YM. Berbeda dengan MiRC yang jaringan komunikasinya terlalu luas, lewat YM kita baru dapat menambah teman jika kita mengetahui alamat e-mail mereka sehingga pengguna dapat membatasi jumlah teman sesuai dengan yang diinginkan. Di Yahoo Messenger ada fitur unik yang tidak dimiliki oleh program lain, yaitu adanya icon bergerak sehingga dapat membantu mengekspresikan suasana hati si pengguna. Selain dapat berinteraksi dengan orang yang kita kenal, kita pun dapat mencari teman di sebuah tempat yang dinamakan dengan room chat. Di sini kita dapat mencari teman dan berkenalan dengan berbagai orang dari berbagai penjuru dunia.

Pada pertengahan tahun 2003, muncullah sebuah teknologi yang fenomenal dan diminati oleh masyarakat dari berbagai usia, mulai dari anak sd hingga dewasa. Teknologi ini pada akhirnya lebih dikenal dengan sebutan “situs pertemanan”, salah satu pelopornya adalah Friendster. Pada situs ini, penggunanya dapat menggunakan situs ini untuk mencari dan menambah teman. Selain itu, para pengguna juga dapat saling mengirim pesan melalui inbox dan testimonial. Bila pada inbox bersifat pribadi / rahasia, jika pengguna mengirim pesan melalui testimonial maka orang lain selain yang dituju pun dapat membaca pesan tersebut. Di dalam situs ini, para pengguna pun dapat memasukkan foto mereka sehingga dapat dikenali oleh orang lain.

Seiring dengan perkembangan zaman, situs ini pun mulai tenggelam karena munculnya sebuah situs baru yang lebih fenomenal. Facebook merupakan sebuah situs pertemanan yang muncul pada awal tahun 2007. Seorang mahasiswa Harvard University bernama Mark Zuckerberg tidak pernah menyangka bahwa situs yang ia luncurkan sebagai media untuk saling mengenal antar mahasiswa ternyata malah menjadi sesuatu yang begitu memikat banyak orang. Sama halnya seperti pendahulunya, Facebook juga merupakan sebuah situs yang digunakan untuk mencari teman. Namun bedanya, situs ini lebih canggih dan lebih lengkap karena memiliki sebuah fitur untuk mengupdate status. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memberitahukan kepada temannya tentang kondisi yang ia rasakan saat ini. Sehingga temannya pun dapat ikut merespon dengan cara memberikan komentar sehingga dapat saling bercakap-cakap. Sama halnya dengan friendster, pada facebook ada istilah yang dinamakan dengan wall. Fitur ini sama fungsinya seperti testimonial pada friendster. Selain itu, para pengguna facebook pun dapat saling mengirimkan foto, lagu, emoticon, atau bahkan video kepada temannya. Dengan berbagai macam fitur yang dimiliki, tak heran facebook menjadi situs yang sangat fenomenal saat ini. Hampir setiap waktu, para pengguna facebook pasti menyempatkan diri untuk sekedar memperbarui status atau hanya melihat notifikasi yang masuk. Sehingga bisa dikatakan, facebook sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang.

Baru-baru ini muncul sebuah situs pertemanan baru yang dinamakan twitter. Berbeda dengan friendster dan facebook yang dapat menampilkan profile seseorang, dalam situs ini penggunanya hanya dapat menulis statusnya tanpa bisa dikomentari. Untuk dapat berkomunikasi, para penggunanya harus menyebutkan nama yang dituju baru dapat berkomentar. Meskipun penggunanya masih jarang, namun situs ini terkesan lebih eksklusif karena 1 nama hanya dapat digunakan oleh 1 orang. Sehingga apabila orang lain menginginkan nama yang sama, maka ia harus mengganti dengan nama yang lain. Sehingga tidak ada nama yang sama.




-posted by Mirza Agistha-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar